Wawancara Telepon: Cara Menang, Tip Otentik, dan Lainnya

Wawancara melalui telepon; Pengenalan

Sudah hampir satu setengah abad sejak telepon, seperti yang kita kenal sekarang, muncul pertama kali di depan umum. Sejak saat itu telepon terus merambah di setiap bidang kehidupan manusia.

Wawancara telepon bukanlah fenomena baru-baru ini, tetapi perubahan politik dan sosial baru-baru ini telah membuat mereka menjadi sorotan. Masalah visa, masalah transportasi, dan lowongan kerja yang jauh telah menjadikan wawancara melalui telepon sebagai bagian penting dari proses perekrutan di banyak tempat.

Wawancara bervariasi di alam dari pendidikan ke pekerjaan tetapi biasanya wawancara kerja yang dilakukan melalui telepon. Munculnya layanan konferensi video yang tersedia telah meningkatkan wawancara melalui telepon.

Wawancara lewat telepon adalah pedang bermata dua. Ada keuntungan tertentu tetapi ada beberapa kekurangannya juga. Banyak orang mengandalkan karisma dan pesona fisik mereka untuk memenangkan hati dan terkadang sulit bagi mereka untuk memberikan pengaruh yang sama melalui telepon.

Jika ini bukan keahlian Anda, percakapan melalui telepon bisa menjadi ide yang bagus untuk Anda. Selain itu, Jika Anda memiliki suara yang bagus dan Anda dapat terdengar percaya diri, wawancara melalui telepon memberi Anda keunggulan.

 

Mempersiapkan wawancara

Wawancara melalui telepon membebaskan Anda dari stres yang biasa terjadi pada pakaian yang akan dikenakan. Anda dapat mengguncang wawancara, bahkan dengan piyama dan tank top Anda saat Anda duduk santai di sofa!

Penelitian menunjukkan bahwa pakaian dan pakaian adalah hal terpenting yang tidak terkait yang diperhatikan oleh pewawancara (Frosythe 1990)

Mempersiapkan wawancara

Namun, tentu ada hal-hal lain yang perlu Anda perhatikan dan sebaiknya sediakan persediaan Anda sebelumnya.

1. Tambahkan pengingat

Ini mungkin tidak langsung diklik, tetapi pengalaman dengan wawancara melalui telepon menunjukkan bahwa orang lebih cenderung melupakan wawancara ketika mereka tidak diwajibkan untuk hadir secara fisik di tempat kerja. Pastikan Anda menambahkan pengingat dan jika itu tidak membuat Anda terguncang, mintalah seorang teman atau anggota keluarga untuk mengingatkan Anda.

2. Periksa kembali fasilitas komunikasi Anda

Ini adalah tidak punya otak. Selalu pastikan ponsel atau ponsel Anda memiliki baterai yang cukup. Anda tidak ingin tergesa-gesa di sana-sini untuk mencari pengisi daya di tengah-tengah wawancara. Selain itu, pastikan ada semacam jalur komunikasi cadangan yang terbuka jika perangkat utama Anda berfungsi.

3. Matikan panggilan tunggu

Banyak telepon memiliki opsi di mana panggilan masuk menahan panggilan telepon yang sudah dilakukan. Ini adalah sesuatu yang tidak boleh terjadi selama wawancara. Matikan panggilan tunggu agar wawancara Anda berjalan lancar.

Pertanyaan yang diharapkan dari Wawancara Telepon

Pewawancara umumnya cenderung berpegang pada pertanyaan umum dan klise di awal wawancara. Saat wawancara berlangsung, pewawancara beralih ke pertanyaan yang lebih spesifik.

Pastikan Anda membiarkan pewawancara mengajukan pertanyaan terlebih dahulu dan kemudian mencoba mengarahkan wawancara ke arah yang paling Anda sukai. Jika Anda merasa tidak nyaman tentang beberapa aspek, pastikan Anda tidak menyebutkannya dalam jawaban Anda karena pewawancara cenderung memimpin pada wawancara dari tempat kandidat meninggalkannya.

Pertanyaan yang diharapkan dari Wawancara Telepon

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang diharapkan dan Anda harus memiliki gambaran kasar tentang bagaimana Anda akan menjawabnya.

  1. Perkenalkan diri Anda secara umum.
  2. Jelaskan diri Anda sebagai pekerja secara spesifik?
  3. Nilai tambahan apa yang akan Anda bawa ke tempat kerja?
  4. Mengapa Anda mendapati diri Anda lebih dapat dipekerjakan daripada kandidat lainnya?
  5. Pengalaman sebelumnya apa yang Anda miliki dan bagaimana pengalaman itu mendorong Anda maju?
  6. Apa kekuatan dan kelemahan Anda?

 

Dan jika wawancaranya berjalan dengan baik.

  1. Kapan Anda akan tersedia untuk wawancara langsung?
  2. berapa gaji yang kamu harapkan?

(Blackman, 2002) menunjukkan bahwa dua hal penting yang secara positif mempengaruhi wawancara telepon adalah tanggapan atas pertanyaan lanjutan dan ekspresi suara. Jika ini adalah setelan kuat Anda, Anda dapat melakukan wawancara lewat telepon.

 

Kiat untuk wawancara telepon

Kami telah menjelaskan bagaimana Anda harus mempersiapkan wawancara dan pertanyaan wawancara apa yang dapat Anda harapkan. Pertikaian yang sebenarnya dimulai ketika Anda memberikan wawancara dan di saat yang panas, bahkan kandidat yang sudah dipersiapkan dengan baik dan gagal membuat tanda mereka.

Kiat untuk wawancara telepon

Namun, kami memiliki beberapa tip yang dapat Anda gunakan untuk melakukan wawancara jarak jauh.

 

1. Pilih tempat untuk wawancara dengan sangat hati-hati

Kandidat cenderung meremehkan pentingnya menemukan tempat yang cocok sebelum wawancara dimulai. Ingat, jika ada dentingan periuk, musik menderu, anak-anak meratap, dan TV diputar di latar belakang, Anda mungkin juga melupakan prospek mendapatkan pekerjaan itu. Pewawancara akan mengambil pendekatan yang lebih positif terhadap Anda jika mereka dapat mendengar Anda dengan jelas dan tanpa suara latar atau gangguan apa pun.

2. Bicaralah dengan jelas

Perbedaan utama antara wawancara tatap muka dan wawancara telepon adalah bahwa Anda harus mengandalkan hanya pada suara Anda untuk memberi kesan pada orang yang mengevaluasi Anda. Pastikan Anda memiliki koneksi telepon yang jelas dan tidak terputus dan saat berbicara, ucapkan kata dengan jelas.

Banyak orang mempercepat wawancara dan tampaknya mereka tersandung pada kata-kata. Bicaralah perlahan tapi jelas. Jika Anda mengalami sakit tenggorokan atau suara serak, cobalah pelega tenggorokan dan berkumur dengan air hangat.

3. Siapkan catatan dan dokumen

Ini adalah titik di mana sedikit kepintaran dapat memberi Anda keunggulan dan itu adalah sesuatu yang tidak dapat Anda lakukan dalam wawancara tatap muka. Siapkan catatan singkat tentang poin-poin berbeda yang akan Anda bicarakan. Ini termasuk, namun tidak terbatas pada, jawaban atas kemungkinan pertanyaan, pertanyaan spesifik apa pun yang Anda miliki tentang pekerjaan itu, dan hal-hal lain.

Juga, siapkan dokumen Anda jika ada beberapa detail spesifik yang mungkin tidak dapat Anda ingat secara berlebihan. Selain itu, jangan ragu untuk menyimpan telepon atau laptop di dekat Anda untuk mendapatkan akses ke internet.

4. Menavigasi sesuai dengan situasi

Anda dapat memilih untuk menjadi jenaka atau serius, tergantung pada arah dan suasana wawancara. Jika Anda merasa lingkungannya agak tegang, Anda bisa menggunakan humor yang layak untuk meringankan suasana.

Tetapi pastikan bahwa ada ruang untuk Anda melakukannya. Terlalu banyak humor bisa menggambarkan Anda tidak serius sementara terlalu serius bisa membuat Anda kering di mata pewawancara.

5. Menjadi pendengar yang baik

Pastikan Anda mendengarkan pewawancara dan jangan memotongnya. Itu banyak diperhitungkan dalam wawancara lewat telepon.

6. Simpan pertanyaan Anda di bagian akhir

Tunggu pewawancara menyelesaikan bagiannya sebelum Anda mengambil perannya. Tidak apa-apa jika Anda memiliki beberapa pertanyaan tetapi tundalah ke bagian selanjutnya dari wawancara dan jangan ragu untuk menanyakan sesuatu yang relevan.

7. Akhiri secara positif

Cobalah untuk mengakhiri dengan catatan positif dan mengucapkan selamat tinggal kepada pewawancara Anda secara profesional.

8. Berlatih dengan wawancara tiruan

Jika Anda gugup, tidak berpengalaman, atau keduanya, cobalah berlatih dengan seorang teman sebelumnya. Ini mungkin membuat Anda siap dengan cara yang lebih baik untuk wawancara yang sebenarnya.

Kesimpulan

Wawancara jarak jauh membutuhkan Anda untuk dipersiapkan dengan keahlian yang berbeda dibandingkan dengan wawancara langsung. Pastikan Anda memanfaatkan kelebihan wawancara telepon untuk keuntungan Anda. Biasanya, wawancara lewat telepon digunakan untuk daftar pendek dan dilanjutkan dengan wawancara tatap muka. Pastikan Anda meninggalkan kesan yang baik dalam wawancara telepon Anda.

Mencari Pekerjaan Impian? Kami dapat membantu! Klik disini